Truk Monster Pembawa Rudal Raksasa Milik Korea Utara

Maspuq Muin
Senin, 12 Oktober 2020 - 09:00 WIB

Korea Utara memamerkan truk WS51200 pada parade militer dalam rangka menyambut ulang tahun ke-75 Partai Buruh Korea. Tidak main-main dalam parade itu, Korea Utara memamerkan seluruh persenjataan dan tentara mereka. Bintang dari parade militer itu yang jadi pusat pembicaraan adalah rudal balistik raksasa yang bisa melintasi antar benua.

Saking besarnya rudal balistik raksasa itu harus digendong sebuah truk yang ukurannya juga monster. Truk dengan 11 as itu memang khusus dibuat untuk kebutuhan khusus seperti mengangkut rudal balistik berukuran raksasa hingga senjata nuklir. Truk yang diberi kode WS51200 itu memang dibuat khusus untuk Korea Utara meskipun aslinya truk itu bukanlah asli buatan Korea Utara. Wanshan Special Vehicle adalah perusahaan yang bertanggungjawab untuk truk-truk WS51200.

------------------------------------------------------------
BACA JUGA :
5 ANGKATAN UDARA PALING CANGGIS DI DUNIA, NEGARA MANA SAJA?

MAMPUKAH S-400 MILIK CHINA RONTOKKAN RUDAL-RUDAL AS DI TAIWAN?
------------------------------------------------------------

Awalnya Wanshan hanya membuat kendaraan-kendaraan khusus untuk kebutuhan militer Republik Rakyat China (RCC) mulai dari kendaraan 4x4 hingga truk besar yang digunakan untuk membawa rudal. Namun pada 2011 mereka meluaskan pasar ke Korea Utara setelah ketahuan mengimpor sebanyak 8 truk dengan kode WS51200. Saat itu mereka disinyalir melakukan pelanggaran karena mengirimkan 8 truk raksasa itu dengan identifikasi truk pengangkut kayu pohon. Selengkapnya simak infografis



(puq)
Terkait
Lainnya
Interaktif