Misi "acak-acak" Bulan NASA Siapkan Dana Rp415 Triliun

F. Reinaldo Nugraha
Sabtu, 26 September 2020 - 21:00 WIB
NASA mengungkap rincian baru tentang program pendaratannya di Bulan, Artemis. Rincian tersebut termasuk soal anggaran, jadwal proyek, dan rencana ambisius NASA untuk membangun pangkalan permanen di kutub selatan Bulan. NASA membutuhkan dana sebesar USD28 miliar atau sekitar Rp415 triliun untuk menjalankan misi mengacak-ngacak Bulan tersebut.

Dari total jumlah tersebut, USD16 miliar akan digunakan untuk membiayai program Human Landing System. Sedangkan USD7,6 miliar dialokasikan guna pengembangan wahana antariksa Orion dan Space Launch System. USD1 miliar lainnya digunakan untuk mengembangkan teknologi eksplorasi, dan USD518 juta dipakai mengembangkan dan memproduksi baju luar angkasa untuk astronot. Total biaya USD28 miliar ini mencakup tahun anggaran 2021 hingga 2025.

------------------------------------------------------------
BACA  JUGA :
DALAM DUA HARI ASTEROID BESAR BERBAHAYA MELESAT MENDEKATI BUMI

GJ 504B, PLANET CANTIK BERWARNA MERAH MUDA
------------------------------------------------------------

Selain masalah anggaran, laporan terbaru ini juga merilis detail penting tentang misi Artemis yang akan datang. NASA mengatakan, mereka akan mendaratkan astronot di Kutub Selatan Bulan, mematahkan laporan terbaru yang menyebutkan mereka berencana untuk mendarat di area dekat lokasi misi Apollo.
Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Grafis Terkait
Arsip Info Grafis (Static)
Arsip Info Grafis (Interaktif)