alexametrics

Pemerintah Harus Cegah Penyebaran Virus Corona ke Daerah

sonny unggara
Kamis, 26 Maret 2020 - 11:30 WIB

Dalam tempo cepat virus corona (Covid-19) telah menyerang hampir seluruh wilayah Indonesia. Guna mengantisipasi dampak negatif  virus corona yang makin luas, dibutuhkan langkah taktis dan berani para pimpinan daerah untuk membuat kebijakan baru yang lebih strategis.

 

Dalam situasi krisis seperti ini terobosan-terobosan kebijakan menjadi penting guna mempercepat respons pemerintah atas dinamika yang muncul ditengah masyarakat, baik aspek penanganan medis, ekonomis, sosial, dan sebagainya. Jika memungkinkan aturan birokrasi yang prosedural pun diubah menjadi lebih praktis demi kebutuhan lapangan yang berubah-ubah cepat. Untuk menghasilkan terobosan strategis, para pemimpin daerah sudah semestinya bertindak di atas aspek kemanusiaan atau kepentingan bersama serta mengesampingkan ego politisnya.

 

------------------------------------------------------------

BACA JUGA :

CEGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA, POLRI AKAN BUBARKAN KERUMUNAN

 

BPJS TANGGUNG PASIEN CORONA, BIAYA DIBEBANKAN KE APBN DAN APBD

------------------------------------------------------------

 

Hingga kemarin, merujuk data yang dirilis Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yuniarto, grafik kasus positif corona di Indonesia terus melonjak tajam. Total ada 790 kasus positif sejak pemerintah pertama kali menetapkan kasus positif pada 2 Maret lalu. Dari jumlah itu, 58 orang meninggal dunia dan 31 orang dinyatakan sembuh. Simak selengkapnya di infografis.



(udi)
Arsip Info Grafis (Static)
Arsip Info Grafis (Interaktif)
Arsip Info Grafis (video)