alexametrics

6 Kebocoran Dokumen Rahasia Negara yang Gemparkan Dunia

tirto wirawan
Kamis, 26 Maret 2020 - 15:00 WIB

Swipe untuk melihat slide selanjutnya >>

 

Banyak peristiwa besar yang di dalamnya menyimpan banyak rahasia. Namanya rahasia tentu saja terus ditutup-tutupi. Namun ketika rahasia tersebut bocor, khalayak ramai pun terhenyak. Berikut dokumen-dokuomen rahasia negara yang bocor hingga menggemparkan dunia:

 

1. BOCORNYA DOKUMEN PENGELOLAAN KAMP MUSLIM DI XINJIANG

Harian The New York Times memperoleh bocoran salinan dokumen 400 halaman yang berisi tentang bagaimana pemerintah China mengelola kamp penahanan bagi etnis minoritas muslim di Provinsi Xinjiang. Pemerintah China selama tiga tahun terakhir diduga menahan sekitar satu juta muslim dari etnis Uighur, Kazakhs dan lainnya di Xinjiang di banyak kamp penahanan. Pemerintah China yang dikuasai Partai Komunis sudah membantah kritikan dari dunia internasional tentang kamp penahanan itu. Mereka menyebut tempat pelatihan/kursus itu memakai metode halus untuk memerangi ekstremisme Islam. Namun bocoran dokumen mengatakan sebaliknya.

 

2. DOKUMEN RAHASIA UNGKAP PENGARUH KUAT IRAN DALAM PEMERINTAH IRAK

Dokumen berisi arsip kabel rahasia intelijen diperoleh The Intercept dan dibagikan kepada The New York Times. Isinya mengungkapkan secara rinci bagaimana peran Iran di dalam pemerintahan Irak. Bocoran tersebut mengungkap pengaruh besar Iran di Irak, merinci tahun-tahun kerja keras mata-mata Iran untuk mengkooptasi para pemimpin negara tersebut, membayar agen intelijen Irak yang bekerja untuk Amerika untuk berpindah pihak, dan menyusup ke setiap aspek kehidupan politik, ekonomi dan agama Irak. Dilansir dari New York Times, dalam bocoran dokumen itu juga menunjukkan bagaimana Iran, di hampir setiap kesempatan, mengalahkan Amerika Serikat dalam perebutan pengaruh di Irak.

 

------------------------------------------------------------

BACA JUGA :

BPJS TANGGUNG PASIEN CORONA, BIAYA DIBEBANKAN KE APBN DAN APBD

 

PESAWAT TEMPUR AU CHINA AKAN DIBERI LAPISAN CAT SILUMAN

------------------------------------------------------------

 

3. BOCORAN DOKUMEN CARA CAMBRIDGE ANALYTICA MENANGKAN TRUMP DALAM PILPRES 2016

Pada 2018, media Inggris, The Guardian mendapatkan bocoran dokumen internal tentang cetak biru perusahaan konsultan politik Cambridge Analytica yang mengklaim memenangkan Donald Trump dalam pemilu presiden 2016 dengan memakai media sosial dan digital seperti Google, Snapchat, Twitter, YouTube, dan Facebook. Nama Cambridge Analytica juga dikaitkan dengan berita pencurian jutaan data pribadi pengguna Facebook. 



(udi)
Arsip Info Grafis (Static)
Arsip Info Grafis (Interaktif)
Arsip Info Grafis (video)