alexametrics

Social Distancing Setengah Hati, Angka Kasus Corona Bertambah

sonny unggara
Selasa, 24 Maret 2020 - 20:00 WIB

Melihat lonjakan angka kasus corona hingga saat ini, rasanya belum ada kekuatan yang mampu membendung besarnya terjangan virus tersebut. Tiap hari, jumlah orang terpapar melonjak. Demikian juga mereka yang akhirnya kehilangan nyawa juga tak putus-putus, bahkan trennya cenderung naik. Melihat data faktual itu, kita menjadi kian miris dan prihatin. Miris lantaran hanya dalam kurun tak kurang dalam satu bulan, jumlah kasus telah menembus 500 orang. Jumlah ini sangat berpotensi terus membengkak karena jumlah orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pemantauan (PDP) mencapai ribuan.

 

Ikhtiar pemerintah menggaungkan kebijakan hidup sosial berjarak (social distancing measures) adalah sebuah keniscayaan sebagai bagian dari solusi. Namun, social distancing ini pun tak mudah. Kebijakan pemerintah yang ngotot tak akan memberlakukan karantina wilayah (lockdown) secara total, dengan membuat pelaksanaan social distancing nyatanya di lapangan tak banyak berarti.

 

------------------------------------------------------------

BACA JUGA :

LINDUNGI PETUGAS MEDIS SECARA MAKSIMAL SAAT BERTUGAS

 

WASPADA, 700.000 ORANG BERPOTENSI TERTULAR VIRUS CORONA

------------------------------------------------------------

 

Melihat fakta ini, hakikatnya masih banyak yang harus dibenahi dalam kebijakan dan sosialisasi tentang social distancing ini. Pemerintah jangan setengah hati. Ketika kebijakan diberlakukan, pengawasan misalnya menjadi sebuah keharusan. Simak selengkapnya arti dan pentingnya  social distancing di infografis.



(udi)
Arsip Info Grafis (Static)
Arsip Info Grafis (Interaktif)
Arsip Info Grafis (video)