Yunani Lawan Turki, Prancis Pasok 18 Jet Tempur Rafale

Samsul
Selasa, 01 September 2020 - 17:00 WIB

Di tengah meningkatnya ketegangan antara Yunani dan Turki, Prancis dilaporkan akan menjual 18 jet unit tempur Dassault Rafale untuk melawan tetangga Mediterania-nya tersebut. Jet tempur buatan Prancis itu telah jadi sorotan media setelah India menerima pasokan pertama di tengah bentrokan dengan China.

Menurut laporan media lokal Yunani yang dikutip Eurasiantimes, Selasa (1/9/2020), kontrak jual beli antara pemerintah Prancis dan Yunani sedang dalam tahap lanjut, yang akan membuat Angkatan Udara Hellenic menambahkan skuadron Rafale ke armada Lockheed F-16 Fighting Falcons, Dassault Mirage 2000, dan McDonnell-Douglas F-4 Phantom II mereka. Kesepakatan tersebut dilaporkan akan selesai pada akhir tahun ini.

------------------------------------------------------------
BACA JUGA :
BAYRAKTAR AKINCI PROTOTIPE DRONE TERCANGGIH MILIK TURKI

ANGKATAN DARAT IRAN LACAK JET TEMPUR SILUMAN F-35 AMERIKA SERIKAT
------------------------------------------------------------

Laporan lain menyebutkan bahwa kesepakatan itu akan berlanjut dalam dua bagian, dengan bagian pertama adalah pembelian 10 unit jet tempur Rafale baru, sementara yang kedua adalah sisanya yang akan diberikan sebagai hadiah untuk Athena. Bahkan, delapan Rafale di antaranya yang hendak dijual Prancis ke Yunani tersebut adalah jet yang sama jenisnya dengan jet tempur yang membom fasilitas Turki di pangkalan udara al-Watiya di Libya.
Simak infografis selengkapnya.



(sam)
Grafis Terkait
Arsip Info Grafis (Static)
Arsip Info Grafis (Interaktif)