Makam Kuno Berusia 3.200 Tahun Milik Pejabat Firaun Ditemukan

F. Reinaldo Nugraha
Rabu, 03 November 2021 - 11:00 WIB
Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengumumkan telah menemukan makam kuno berusia lebih dari 3.200 tahun yang dibangun untuk para pejabat senior Firaun Ramses II di Saqqara. Prasasti yang ditemukan di makam mengatakan bahwa Ptah-M-Wia, orang yang dimakamkan di sana memegang sejumlah posisi penting.

Termasuk kepala perbendaharaan dan kepala pengawas ternak pada masa pemerintahan Firaun Ramses II yang memerintah 1279–1213 SM, yang berkembang Kerajaan Mesir sampai Suriah modern. "Ramses II juga dikenal karena upaya pembangunannya termasuk perluasan Kuil Karnak," kata para arkeolog dalam sebuah pernyataan dari kementerian Mesir yang dikutipLive Science, Rabu (3/11/2021).

BACA JUGA : ----------------------------------------

KUBURAN MASSAL TENTARA SALIB ABAD KE-13 DITEMUKAN DI LEBANON

TERBUKTI SANTET TELAH DIGUNAKAN ORANG YUNANI RIBUAN TAHUN LALU

Ptah-M-Wia adalah kepala perbendaharaan sebelum penemuan koin yang dijadikan alat tukar. Pada waktu itu orang melakukan pembayaran dengan sistem barter barang, jatah, atau logam mulia.Di sisa-sisa makam Ptah-M-Wia, para arkeolog menemukan serangkaian lukisan dinding yang menunjukkan orang-orang memimpin ternak dan hewan lain untuk disembelih.

Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Terkait
More