Selain Covid-19, Ini 5 Pandemi Paling Mematikan di Dunia

I Made Adhisanu Prisni
Jum'at, 24 September 2021 - 15:00 WIB

Pandemi virus Covid-19 bukanlah yang pertama kali melanda dunia. Sepanjang sejarah terdapat juga pandemi lainnya yang menyebabkan ratusan hingga jutaan orang meninggal dunia. Berikut pandemi paling mematikan di dunia.

1. SARS (2002)

Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) pertama kali dilaporkan di Guangdong, China pada Februari 2003. Namun para ahli mempercayai bahwa virus itu muncul pada awal November 2002. Setelah beberapa bulan, virus tersebut menyebar ke seluruh negara di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Asia. Akibatnya 8.098 orang di seluruh dunia terrinfeksi dan menewaskan 774 orang. Penyakit ini menyebabkan demam tinggi, nyeri tubuh, dan batuk kering yang kemudian menyebabkan pneumonia dalam beberapa kasus.

BACA JUGA : ----------------------------------------

WHO RAGU VAKSIN COVID-19 AKAN MAMPU AKHIRI PANDEMI

METODE WOLBACHIA JADI HARAPAN BARU DUNIA BEBAS DARI DBD

2. AIDS (1981)

Kasus pertama dilaporkan pada 1981. Sejak itu HIV telah menyebar secara global. Virus ini telah menginfeksi lebih dari 65 juta orang. Masih belum ada obat yang diketahui untuk penyakit ini. Namun sudah ada pengobatan yang menjaga agar virus tetap terkendali sehingga memungkinkan orang untuk hidup lebih lama.

Simak Infografis



(mad)
Terkait
More