Lima Jurus Erick Thohir agar BUMN Punya Daya Saing

Selasa, 15 Juni 2021 - 20:00 WIB
click to zoom
Lima Jurus Erick Thohir agar BUMN Punya Daya Saing . Menteri BUMN Erick Thohir menyiapkan lima jurus agar perusahaan BUMN punya daya saing yang tinggi. Dia ingin kinerja perusahaan pelat merah berdaya saing global dan memiliki fokus kerja."Karena itu, kita sekarang benar benar merapikan BUMN dengan segala kekurangan dan kelebihan, tapi kita lakukan lima hal," ujar Erick, Selasa (15/6/2021).

Adapun lima strategi pemegang saham di antaranya, Pertama, pemetaan BUMN . Dalam proses ini, pemerintah membagi fokus BUMN pada tiga hal yakni, bisnis, pelayanan publik, serta 50% bisnis dan 50% pelayanan publik.Kedua, BUMN didorong menjadi ekosistem bisnis baik untuk swasta, pengusaha daerah, dan masyarakat.

BACA JUGA :

HELM PERANG PRAJURIT YUNANI KUNO BERUSIA 3.000 TAHUN DITEMUKAN LADENI TANTANGAN TURKI, YUNANI BORONG 18 JET TEMPUR PRANCIS

Ekosistem perusahaan pelat merah bertujuan memberi nilai ekonomi nasional secara signifikan."Ketiga, tak kalah penting digitalisasi, dan perubahan ekonomi digital dan inovasi. Ini menjadi pondasi yang tak kalah penting. Karena ini berubah, apakah yang namanya hilirisasi pertambangan, yang namanya nikel yang sekarang bisa jadi baterai listrik, apakah yang namanya hilirisasi digital, ini yang menyeramkan, kita bicara E-commerce," kata dia.

Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!