Ini Tiga Gejala Long COVID-19 Terbanyak di Indonesia

Kamis, 29 April 2021 - 20:00 WIB
click to zoom
Beberapa penyintas COVID-19 tidak sepenuhnya sembuh . Meski mereka sudah dinyatakan negatif setelah menjalani dua kali tes, tapi ada gejala yang tetap bertahan di dalam tubuh. Ini yang kemudian disebut dengan long COVID-19 atau post COVID-19 syndrome.Di Indonesia, isu long COVID-19 ternyata belum banyak diteliti.

Namun, menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Mitra Keluarga Kalideres dr Paskalis Gunawan, SpPD, ada beberapa gejala long COVID-19 yang terdeteksi di Indonesia."Penelitian mengenai long COVID-19 di Indonesia belum begitu banyak. Namun, penelitian pendahulu mengatakan 30%-40% pasien COVID-19 di Indonesia mengalami long COVID-19 ," terangnya dalam webinar 'Seberapa Penting Vaksin COVID-19' yang diinisiasi MNC Life, Rabu (28/4).

BACA JUGA :

6 NEGARA INI LARANG TURIS INDIA KARENA COVID-19 MENGGANAS DARURAT COVID-19, WARGA NEGARA INDIA SERBU INDONESIA

Dokter Paskal melanjutkan, ada tigagejalapaling banyak dilaporkan dari fenomena long COVID-19 di Indonesia. Gejala tersebut ialah capek, sesak napas, dan lemas."Tapi, gejala tersebut masih terus diteliti untuk memastikan apakah ketiganya berasal dari post COVID-19 syndrome atau ada faktor lain," katanya. Selengkapnya lihat infografis.
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!