Aktivitas Fisik Tetap Dianjurkan Selama Berpuasa

Senin, 26 April 2021 - 19:00 WIB
click to zoom
Aktivitas Fisik Tetap Dianjurkan Selama Berpuasa . Puasa bukan berarti bermalas-malasan dan tidak bersemangat beraktivitas. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan rajin melakukan aktivitas fisik dapat membuat tubuh menjadi bugar dan lebih bersemangat dalam beribadah dan beraktivitas.

Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018 menunjukkan bahwa proporsi masyarakat Indonesia yang aktivitas fisik nya kurang (inaktivitas fisik) masih tergolong tinggi, yaitu sebesar 33.5%.Data tersebut merupakan kondisi sebelumpandemi Covid-19dan diperkirakan angka ini meningkat di mana aktivitas di luar rumah dibatasi.

BACA JUGA:

6 HIKMAH PUASA RAMADHAN YANG PENTING DIKETAHUI UMAT ISLAM

ORANG-ORANG YANG DIPERBOLEHKAN TIDAK BERPUASA RAMADHAN

Salah satunya banyak yang bekerja atau belajar dari rumah.“Padahal kurang aktivitas fisik menjadi faktor risiko primer ke-4 penyebab kematian di dunia,” kata dokter spesialis kedokteran olahraga RSUI, Dr. dr. Listya Tresnanti Mirtha, Sp.KO baru-baru ini.Saat menjalankan ibadah puasa, asupan makanan dan minuman berkurang, sehingga energi yang dimiliki lebih sedikit dari biasanya. Walaupun begitu, masih dapat melakukan latihan fisik dengan beberapa penyesuaian.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!