Siput Laut Ini Bisa Penggal Kepala dan Menumbuhkan Tubuh Barunya

Kamis, 18 Maret 2021 - 22:00 WIB
click to zoom
Para ilmuwan Jepang baru-baru ini menemukan peristiwa tak biasa dari seekor siput laut yang berada di laboratoriumnya. Kepala siput laut tersebut memisahkan diri dari badannya dan menumbuhkan badan baru dalam tiga minggu.

Bisa dibilang, siput laut ini adalah satu-satunya hewan yang bisa menumbuhkan tubuh baru secara mandiri. Sebelumnya, sudah umum jika hewan menumbuhkan ekor yang terputus seperti cicak atau kadal.

Tetapi siput laut ini, yang termasuk dalam kelompok yang disebut sacoglossans, dapat membawanya ke tingkat berikutnya dengan menumbuhkan kembali tubuh yang sama sekali baru. Bahkan siput laut ini bisa melepaskan kepalanya dari tubuh yang lama secara mandiri.

BACA JUGA :

CACING MARTIL YANG MENGERIKAN DAN PUNYA RACUN MIRIP IKAN BUNTAL

ILMUWAN TELITI SISTEM MEKANIS RAHANG SEMUT YANG SANGAT CEPAT

Kepala siput itu dapat bertahan hidup secara mandiri selama berminggu-minggu, sebagian berkat kemampuannya yang tidak biasa untuk berfotosintesis seperti tanaman yang mereka ambil dari ganggang yang mereka makan. Ajaibnya juga, tubuh asli yang dipenggal juga bisa terus hidup berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan tanpa kepala mereka.
(had)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!