NASA Tunda Peluncuran Robot Penjelajah Mars

Kamis, 18 Juni 2020 - 20:30 WIB
click to zoom
Mars Rover, robot penjelajah milik Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) yang akan melakukan perjalanan ke Mars pada 17 Juli 2020, dikabarkan batal menjalankan misinya. Peluncuran robotini rencananya ditunda hingga 20 Juli mendatang. Hal ini diputuskan setelah tim mengatakan diperlukan waktu tambahakan guna memperbaiki masalah dengan peralatan sistem tanah.

"Kami perlu waktu tambahan untuk tim memperbaiki masalah dengan peralatan sistem tanah," kata pejabat NASA dikutip laman Space, Sabtu (13/6/2020).CEO United Launch Alliance, Tory Bruno menjelaskan bahwa masalah ada pada crane yang rusak. Saat ini crane sudah diperbaiki dan roket juga disebut dalam keadaan baik.

BACA JUGA:

PENELITI TEMUKAN PLANET YANG DIPREDIKSI LAYAK HUNI SERUPA BUMI

WASPADA MATAHARI MASUKI MASA RESESI BANYAK BENCANA MENGINTAI

Sekedar informasi, perusahaan tempatnya bekerja terpilih menjadi penyedia roket Atlas V yang terlibat dalam pengiriman robot.Sebenarnya masih ada waktu untuk melunurkan rover hingga 11 Agustus. Namun lewat dari periode tersebut, peluncuran rutin per 26 bulan tidak bisa dilakukan, karena lewat dari 11 Agustus, posisi Mars dan Bumi akan sulit dalam melakukan pengiriman kendaraan peneliti.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!