Empat Amalan yang Dianjurkan pada Bulan Rajab

Sabtu, 13 Februari 2021 - 08:00 WIB
click to zoom

Marhaban Ya Syahru Rajab, selamat datang bulan mulia Rajab. Alhamdulillah, malam ini kita telah memasuki bulan agung 1 Rajab 1442 Hijriyah bertepatan Jumat malam 12 Februari 2021 menurut perhitungan kalender Hijriyah. Rajab adalah bulan beramal saleh sebelum masuknya bulan Suci Ramadhan.

Dalam kalender Hijriyah, Rajab adalah bulan ke-7 yang diagungkan Allah Ta'ala bersama tiga bulan haram lainnya Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Nabi Muhammad sangat memuliakan Rajab. Selain sebagai salah satu bulan haram yang dimuliakan Allah, juga karena di bulan inilah baginda Nabi mendapat mukjizat yaitu peristiwa Isra' Mikra' perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian naik ke Sidratul Muntaha pada malam 27 Rajab.

BACA JUGA :

DOA DAN ZIKIR AGAR TERBEBAS DARI UTANG

KEUTAMAAN BACA SHOLAWAT 1000 KALI PADA HARI JUMAT

Dalam satu Hadis beliau bersabda: "Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya'ban ." (HR Al-Bukhari dan Muslim). Selengkapnya simak infografis.

(puq)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!