Kekayaan Miliader AS Justru Melonjak Selama Pandemi Corona

Selasa, 09 Juni 2020 - 20:30 WIB
click to zoom
Kekayaan miliarder Amerika Serikat (AS) selamapandemi corona(Covid-19) melanda dunia justru bertambah? Itulah faktanya. Kondisi ini tentu ironis karena dalam situasi saat ini tingkat kesejahteraan sebagian besar masyarakat dunia—termasuk warga AS—merosot, bahkan banyak di antara mereka kehilangan pekerjaan.



Para miliarder yang tetap menikmati keuntungan antara lain pendiri Amazon Jeff Bezos dan CEO Facebook Mark Zuckerberg. Kekayaan mereka melonjak lebih 19% atau setengah triliun dolar sejak pandemi corona melanda. Fakta ini diungkapkan dalam laporan yang dipublikasikan Institute for Policy Studies (IPS), think tank yang dikenal progresif. Berdasar riset mereka, selama 11 pekan sejak 18 Maret ketika isolasi wilayah dimulai di AS, kekayaan orang terkaya di AS mengalami peningkatan USD565 miliar (Rp7.917 triliun). Pada saat bersamaan, 42,6 juta penduduk AS berstatus sebagai pengangguran.

BACA JUGA :

UNI AFRIKA TERUS GALANG UPAYA BERSAMA LAWAN COVID-19

TRUMP: VIRUS CORONA ADALAH HADIAH SANGAT BURUK DARI CHINA

Untuk Bezos, dalam 11 pekan kekayaannya meningkat sekitar USD36,2 miliar (Rp507 triliun). Jumlah total kekayaan Bezos meningkat 19% dari jumlah kekayaannya saat ini—USD3,5 triliun. Adapun kekayaan Zuckerberg bertambah menjadi USD30,1 miliar (Rp421 triliun).

(adi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!