Bumi Mengalami Sekarat Lebih Cepat dari yang Kita Duga

Minggu, 17 Januari 2021 - 21:00 WIB
click to zoom

Ancaman tiga kali lipat dari perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, dan kelebihan populasi sedang terjadi di Bumi. Umat manusia sedang menuju masa depan yang mengerikan dari kepunahan massal, krisis kesehatan, dan gangguan terus menerus akibat perubahan iklim terhadap masyarakat.

Ini hanya dapat dicegah jika para pemimpin dunia mulai menanggapi ancaman lingkungan dengan serius. Peringatan tersebut disampaikan para ilmuwan dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan 13 Januari di jurnal Frontiers in Conservation Science.

Dalam makalah tersebut, tim yang terdiri dari 17 peneliti yang berbasis di Amerika Serikat, Meksiko, dan Australia menggambarkan tiga krisis besar yang dihadapi kehidupan di Bumi: gangguan iklim, penurunan keanekaragaman hayati, dan konsumsi berlebihan dan kelebihan populasi manusia.

BACA JUGA :

7 NEGARA PENJUAL BBM TAK RAMAH LINGKUNGAN, INDONESIA TERMASUK INILAH 5 BATU METEOR TERMAHAL YANG PERNAH DITEMUKAN DI BUMI

Mengutip lebih dari 150 penelitian, tim berpendapat tiga krisis ini -yang akan meningkat dalam beberapa dekade mendatang- menempatkan Bumi pada posisi yang lebih genting daripada yang disadari kebanyakan orang, dan bahkan dapat membahayakan umat manusia.

(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!