Penerima Vaksin Virus Corona Dilarang Tenggak Miras

Rabu, 06 Januari 2021 - 11:00 WIB
click to zoom
Penerima Vaksin Virus Corona Dilarang Tenggak Miras . Pemerintah mulai mendistribusikan vaksin virus Corona ke pelosok Tanah Air. Bagi mereka yang beruntung mendapatkan vaksin itu, diharapkan tidak mengonsumsi miras (minuman keras) pasca-penyuntikan.

Ilmuwan terkemukaRusiamenjelaskan, minum alkohol setelah mendapatkanvaksin virus Corona barudapat secara signifikan menumpulkan respons kekebalan dan berpotensi membuat vaksin tidak efektif. “Kami sangat menyarankan untuk menahan diri dari alkohol selama tiga hari setelah setiap injeksi (mendapatkan vaksin),” kata Alexander Gintsburg, Kepala Pusat Epidemiologi dan Mikrobiologi Nasional Gamaleya di Moskow, Rusia, kepadaNew Scientist.

BACA JUGA :

3,5 TAHUN UNTUK SELESAIKAN VAKSINASI COVID-19 DI INDONESIA PFIZER-BIONTECH, MODERNA DAN SINOVAC: VAKSIN UTAMA COVID-19

Peringatan ini tidak hanya berlaku untuk vaksin Sputnik V, tetapi semua vaksin COVID-19 dan memang semua vaksin lainnya. “Ini cukup jelas,” katanya.Literatur ilmiah yang ada tentang alkohol dan sistem kekebalan tubuh menunjukkan, alkohol berlebih merupakan imunosupresan sehingga orang yang banyak minum lebih mudah terkena infeksi.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!