Demo 'Saya Tak Bisa Bernapas' di AS, Ini Titik-titik Lokasinya

Senin, 01 Juni 2020 - 20:00 WIB
click to zoom
click to zoom
Geser layar untuk melihat slide selanjutnya> >

Pentagon mengumumkan peningkatan status siaga beberapa unit militer Amerika Serikat (AS), untuk berpotensi mendukung Minnesota yang saat ini sedang berjuang menghadapi demonstrasi berujung kerusuhan . Demonstrasi di Minneapolis dan Saint Paul—dikenal sebagai "Kota Kembar" di Minnesota—dipicu pembunuhan pria kulit hitam George Floyd , 46, oleh polisi setempat.

Floyd awalnya ditangkap oleh beberapa petugas polisi Minneapolis atas tuduhan menggunakan uang kertas palsu. Dia diborgol dan lehernya dicekik salah satu polisi dengan lututnya. Dalam video yang viral , pria kulit hitam tersebut berteriak tak bisa bernapas dan dinyatakan meninggal setelah dibawa ke rumah sakit.

BACA JUGA:

PEMERINTAH TRUMP PERTIMBANGKAN UJI COBA BOM NUKLIR AS WASPADA MATAHARI MASUKI MASA RESESI BANYAK BENCANA MENGINTAI

Pembunuhan itu tak hanya memicu demo di Kota Kembar Minnesota, tapi seluruh negeri Amerika juga dilanda demo untuk menuntut keadilan atas kematian Floyd. Bahkan, Gedung Putih yang jadi kantor dan kediaman AS Presiden Donald Trump juga jadi sasaran para demonstran di Washington. Simak berbagai titik demonstrasi di AS selengkapnya pada infografis.
(vid)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!