NASA siapkan Robot Anjing untuk Bantu Jelajah Mars

Rabu, 23 Desember 2020 - 19:00 WIB
click to zoom

Luar angkasa mempunyai banyak rahasia yang belum terpecahkan. Para ilmuwan berhasil menemukan satu per satu misteri yang tersimpan di luar angkasa. NASA misalnya terus melakukan penelitian terhadap Planet Mars.Kabar terbaru menyebutkan, lembaga antariksa milik Amerika Serikat (AS) itu tengah menyiapkan robot anjing untuk membantu eksplorasi di Planet Merah.



Rencana menyiapkan robot anjing disampaikan NASA pada pertemuan tahunan American Geophysical Union (AGU), yang diadakan secara virtual. Dinamakan Mars Dog, robot itu dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan berbagai teknologi lain, agar bisa bergerak sendiri serta menavigasi medan berbahaya dan gua di sana. Melansir dari Live Science, Rabu (23/12/2020), Mars Dog diklaim akan lebih baik dari robot penjelajah lain, seperti Spirit, Opportunity, Curiosity, dan Perseverance, yang telah lebih dulu dikirim ke luar angkasa.



BACA JUGA :

KAPSUL LUAR ANGKASA BAWA BATU ALIEN DITEMUKAN DI AUSTRALIA

INILAH 5 BATU METEOR TERMAHAL YANG PERNAH DITEMUKAN DI BUMI

Sebagian besar dari robot-robot itu hanya bisa menjelajah pada permukaan datar. Padahal banyak daerah di Mars yang menarik, tetapi hanya bisa dijangkau dengan melintasi medan yang sangat kasar atau turun di bawah tanah.Robot anjing diklaim sangat cocok untuk tantangan seperti itu. Bobotnya 12 kali lebih ringan dibandingkan robot lainnya saat ini. Ketika diuji coba, Mars Dog mampu berjalan dengan kecepata 5 km/jam.

Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!