Risma, Dipercaya Jokowi Jadi Menteri Sosial Karena Birokrat Ulung

Rabu, 23 Desember 2020 - 10:00 WIB
click to zoom
Tri Rismaharini kini menjadi Menteri Sosial (Mensos) , sebuah kado Hari Ibu istimewa yang diterima oleh Wali Kota Surabaya itu. Jejak perempuan yang biasa disapa Risma ini dalam membangun Kota Pahlawan begitu mengkilap. Perempuan Kediri, Jawa Timur yang lahir 20 November 1961 ini merupakan birokrat ulung.

Dia meniti karier dari bawah ketika pertama kali lulus kuliah dari jurusan Arsitek Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Berbekal kemampuannya sebagai arsitek, anak pasangan M Chuzuzaini dan Siti Muajiatun menjadi PNS di Dinas Tata Ruang dan Tata Guna Tanah. Dia bekerja tak kenal waktu dan rajin serta menuntunnya untuk naik jabatan sebagai Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Bappeko Surabaya pada1997-2000.

BACA JUGA:

MENTERI BARU DI ENAM POS KEMENTERIAN KABINET INDONESIA MAJU KALEIDOSKOP: SATU TAHUN PEMERINTAHAN JOKOWI-MARUF AMIN

Kerja kerasnya pun mulai dilirik dan diangkat menjadi Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Disbang pada 2001. Kesukaannya pada tata ruang pun membawanya mencintai tanaman . Berbagai konsep dan desain tanaman menjadi ruang baru baginya ketika promosi jabatan menjadi Kepala Cabang Dinas Pertamanan di tahun yang sama.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!