Gertak Iran, AS Kirim USS GEORGIA Bersenjata Rudal Tomahawk

Rabu, 23 Desember 2020 - 07:00 WIB
click to zoom
Kapal selam bertenaga nuklir Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USS Georgia, transit di Selat Hormuz pada hari Senin disertai dengan dua kapal perang tambahan. Media-media Amerika menyimpulkan pengiriman kapal selam bersenjata rudal jelajah Tomahawk itu untuk menggertak Iran setelah rentetan serangan roket menghujani kompleks Kedutaan AS di Baghdad.

Angkatan Laut Amerika membuat pengumuman publik yang langka tentang pergerakan kapal selam nuklir di perairan dekat wilayah Iran. " Kapal selam berpeluru kendali kelas Ohio; USS Georgia (SSGN 729), bersama dengan kapal penjelajah berpeluru kendali USS Port Royal (CG 73) dan USS Philippine Sea (CG 58), transit di Selat Hormuz memasuki wilayah Teluk Arab.

BACA JUGA :

3 RUDAL PENYELAMAT MOSKOW DARI NUKLIR AS SAAT PERANG DINGIN

TAIWAN LUNCURKAN KAPAL PERANG CANGGIH, BISA PASOK KE BARAT

Ketegangan AS dengan Iran kembali memanas, sebab milisi yang didukung Iran atas serangan beberapa roket di kompleks Kedutaan Besar AS di Baghdad, Irak. Angkatan Laut AS jarang membahas pergerakan kapal selam nya, tetapi pengumuman hari Senin mencakup rincian tentang kemampuan kapal tersebut, yakni kemampuannya untuk membawa hingga 154 rudal Tomahawk.

Simak Infografis
(mad)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!