Kaleidoskop: Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin

Selasa, 22 Desember 2020 - 17:00 WIB
click to zoom
click to zoom

Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sudah berusia satu tahun. Pada periode kedua pemerintahan mantan Wali Kota Solo itu Indonesia mengalami krisis ekonomi yang cukup berat akibat pandemi COVID-19. Indonesia mengalami 2 kali pertumbuhan ekonomi negatif yaitu pada kuartal 2 dan kuartal 3 2020. Kondisi ini menyebabkan Indonesia secera resmi masuk ke jurang resesi.

Pada maret 2020, pasien Covid-19 pertama diumumkan oleh presiden Jokowi. Pandemi ini tidak dapat dikendalikan oleh pemerintah hingga saat ini. Perppu Covid-19 yang kemudian naik statusnya menjadi UU, yaitu UU No, 2 tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Terkait Covid-19 banyak dikritik. UU ini dianggap membebaskan jerat pidana pejabat pemerintah dalam pengelolaan anggaran terkait penanganan Covid-19.

BACA JUGA :

ISU RESHUFFLE KIAN SANTER, NAMA-NAMA YANG MASUK KABINET JOKOWI? JOKOWI MENGAKU SIAP JADI YANG PERTAMA DIVAKSIN CORONA

Pada Bidang Birokrasi dan Politik, Pengangkatan Prabowo Subianto yang merupakan rival Jokowi pada pilpres 2014 dan 2019 dinilai melemahkan oposisi. Hal lain yang membuat pemerintahan Jokowi dikritik adalah turut sertanya anak dan menantu Jokowi di pilkada Solo dan Medan. Langkah Jokowi ini dianggap membangun politik dinasti .

(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!