Kesamaan dan Perbedaan Vaksin Covid-19 Pfizer vs Moderna

Sabtu, 19 Desember 2020 - 13:00 WIB
click to zoom

Regulator obat dan makanan Amerika Serikat (AS) telah mengesahkan penggunaan vaksin COVID-19 Moderna untuk darurat. Pengesahan ini diberikan seminggu setelah hal yang sama juga diberikan kepada vaksin buatan Pfizer-BioNTech. Berikut ini adalah perbandingan kedua vaksin dan apa yang diharapkan saat keduanya tersedia seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (19/12/2020).

Kedua vaksin tersebut menggunakan teknologi messenger RNA (mRNA), yang berisi instruksi bagi sel manusia untuk membuat protein yang menyerupai bagian dari virus Corona. Instruksi tersebut memacu sistem kekebalan untuk bertindak, mengubah tubuh menjadi pabrik vaksin penangkal virus. Tidak ada virus yang sebenarnya terkandung dalam vaksin.

BACA JUGA :

PFIZER-BIONTECH, MODERNA DAN SINOVAC: VAKSIN UTAMA COVID-19 KELUAR MASUK JAKARTA WAJIB SERTAKAN HASIL RAPID TEST ANTIGEN

Vaksin tampaknya sama efektifnya. Vaksin Pfizer dan BioNTech sekitar 95% efektif mencegah gejala penyakit dalam uji coba tahap akhir, sementara vaksin Moderna sekitar 94% efektif.Berbandingan selengkapnya lihat di infografis.

(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!