Tragedi Kepemilikan Kesehatan Bersama di Era Pandemi ini

Jum'at, 29 Mei 2020 - 15:00 WIB
click to zoom
click to zoom
Tragedy of the commons atau Tragedi kepemilikan bersama adalah sebuah istilah ekonomi yang diciptakan oleh William Foster Lloyd di tahun 1833. Adalah sebuah situasi di mana individu di dalam sistem dengan sumber daya terbagi memilih untuk mendahulukan kepentingan pribadi di atas perilaku yang seharusnya dilakukan demi kepentingan bersama .

Dalam era pendemi ini, kita bisa bilang bahwa sumber daya yang kita bagi bersama adalah kesehatan universal, di mana setiap orang selayaknya bisa mendapatkan porsi kesehatan sesuai kebutuhan masing-masing. Bagi yang tidak sakit, mendapatkan porsi kesehatan kita dengan melakukan hal yang dianjurkan untuk kepentingan bersama; tinggal dirumah, berpergian dengan masker, menjaga jarak, dan menyebarkan info yang valid.

BACA JUGA:

'MALAIKAT MAUT' PROTES PEMBUKAAN PANTAI SAAT PANDEMI COVID-19

SEKOLAH BISA JADI KLASTER BARU COVID-19, KEMENDIKBUD HARUS HATI-HATI

Tragedy of the commons memperlihatkan bagaimana efek kelakuan satu individu akan merugikan sebuah komunitas secara keseluruhan, bukan hanya pelanggaran semata. Satu hal yang kita lakukan, bisa saja menjadi rantai mimpi buruk untuk banyak orang lainnya. Dengan membantu menjaga kesehatan orang disekitarmu, kemungkinan kamu sendiri sehat akan semakin besar. Kebaikan bersama pada akhirnya akan menjadi kebaikan untuk masing-masing dari kita juga.

Selengkapnya lihat infografis.
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!