Bermacam Alat Tes Covid-19

Selasa, 21 April 2020 - 20:27 WIB
click to zoom

Sejumlah negara di dunia menanggapi pandemi virus corona dengan beragam cara. Salah satu aspek yang diterapkan berbeda di setiap negara adalah tes penyakit Covid-19. berikut ini beberapa tes COVID-19 .

1. PCR (Polymerase Chain Reaction)

PCR atau yang lebih populer disebut tes swab. Metode PCR dapat menemukan partikel virus pada tubuh setiap individu dan menempatkan urutan gen Coronavirus tertentu. MetodePCR dilakukan oleh para petugas kesehatan dengan menyeka bagian hidung atau belakang tenggorokan. Hal inisebagai upayauntukmengambil sampel air liur, atau mengumpulkan sampel cairan dari saluran pernapasan bawah.

2. RAPID TEST

Rapid testyang menggunakan sampel darah untuk menguji apakah seseorang positif COVID-19. Hasilrapid testdapat keluar hanya dalam waktu 15-20 menit dan bisa dilakukan dimana saja. Namun, kelemahanrapid testadalah bisa menghasilkan 'false negative' yakni ketika hasil tes tampak negatif meski sebenarnya positif. Ini terjadi jikarapid testdilakukan kurang dari 7 hari setelah terinfeksi. Seperti diketahui,rapid testmerupakan alat test mandiri yang dikembangkan oleh pengusaha asal Indonesia. dengansyarat bahwa penggunaannya harus dilakukan di lembaga medis formal.

BACA JUGA :

11 KAPAL IRAN KEPUNG BEBERAPA KAPAL PERANG AS DALAM JARAK 9 METER

INILAH BERBAGAI BERMACAM ALAT UNTUK TES COVID-19

3. TCM (Tes Cepat Molekuler)

Metode TCM adalah pemeriksaan yang dilakukan dengan menggunakan dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge. Tes ini akan mengidentifikasi RNA pada virus corona pada mesin yang menggunakan cartridge khusus yang bisa mendeteksi virus corona. Hasil tes TCM ini dapat diketahui dalam waktu kurang dari dua jam, untuk menentukan pasien positif maupun negatif.

Selengkapnya lihat infografis.

(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!