Meriam Antik Berukir Syahadat Dipamerkan Museum Palembang

Kamis, 12 November 2020 - 17:00 WIB
click to zoom

Komunitas Pecinta Antik dan Kebudayaan Sriwijaya (Kompaks) memamerkan meriam langka yang mempunyai ukiran dua kalimat syahadat. Meriam ini diduga berasal dari masa Kesultanan Palembang Darussalam. Anggota Kompaks Hirmeyudi mengatakan, meriam dengan berat sekitar 150 kilogram yang ditemukan di Sungai Musi pada awal 2020 itu berhias ukiran dua kalimat syahadat dan corak khas Palembang.

" Meriam ini bisa dipanggul karena lebih kecil dari meriam umumnya dan belum ada temuan meriam semacam ini di Sumsel," kata Hirmeyudi, Kamis (12/11/2020). Hirmeyudi menambahkan, rencananya meriam itu akan dipamerkan dari 11 November hingga 19 Desember 2020 di Museum Negeri Balaputera Dewa Kota Palembang.

BACA JUGA :

9 SENJATA API TERTUA DI DUNIA SALAH SATUNYA MILIK RAJA LOUIS XIII PRANCIS KEMBALI DIGUNCANG AKSI PENEMBAKAN, KINI 2 GENG BERSENJATA

Senjata sepanjang 1,75 meter yang terbuat dari perunggu itu. Secara umum bentuknya hampir sama dengan meriam kuno yang ada di Thailand."Beruntung meriam ini segera kami selamatkan, sebab jika tidak langsung kami ambil maka bisa jadi meriam ini ada di tangan kolektor lain, tentu akan menyulitkan proses penelitian," kata Hirmeyudi.

(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!