Pasukan Khusus Inggris Diam-diam Beroperasi di Ukraina

Jum'at, 08 Desember 2023 - 16:00 WIB
click to zoom

Pasukan khusus Inggris diam-diam beropersi di Ukraina bersama pasukan Kyiv pada hari-hari awal konflik dengan Rusia. Demikian pengungkapan Declassified UK pada hari Rabu, mengutip buku yang baru diterbitkan oleh jurnalis Polandia Zbigniew Parafianowicz.

Baca juga: Senjata AS Dipakai Israel untuk Membunuh Warga Gaza

Parafianowicz adalah koresponden Ukraina untuk harian Polandia; Dziennik Gazeta Prawna (DGP). Karya terbarunya, “Polska na Wojnie (Polandia dalam Perang)”, mengkaji peran Warsawa dalam konflik di negara tetangganya.Mengutip laporan Declassified UK pada Kamis (7/12/2023), pada suatu saat, seorang menteri pemerintah Polandia–yang tidak disebutkan namanya–memberi tahu Parafianowicz tentang suatu waktu di bulan Maret 2022 ketika dia melakukan perjalanan dari Kyiv ke Zhitomir.

Baca juga: Dukung Palestina, Orang Amerika Ramai-ramai Kenakan Keffiyeh

Pada bulan April 2022, harian Prancis; Le Figaro mengeklaim bahwa operator SAS dan Delta Force telah mengobarkan “perang rahasia” atas nama Ukraina sejak awal operasi militer Rusia. Tak lama setelah pengungkapan tersebut, The Times melaporkan sejumlah operator SAS telah kembali ke Ukraina untuk mengajari tentara Kyiv cara mengoperasikan roket anti-tank buatan Inggris.

(puq)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!