Membela Palestina, 4 Negara Ini Tegas Mengusir Dubes Israel

Jum'at, 03 November 2023 - 20:00 WIB
click to zoom

Chile, Kolombia, dan Yordania mengumumkan bahwa mereka memanggil kembali duta besar masing-masing untuk Israel untuk berkonsultasi mengenai pemboman Israel di Jalur Gaza. Keputusan ini diambil satu hari setelah pemerintah Bolivia mengumumkan pihaknya memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel, menjadikannya negara pertama yang mengambil langkah tersebut sejak serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan 1.400 warga Israel.

Baca juga: 5 Selebritas Dunia Dukung Palestina, Ada yang Keturunan Yahudi

Mantan Duta Besar Daniel Carmon, yang menjabat sebagai diplomat tertinggi Israel di Argentina dan merupakan pakar hubungan Israel dengan Amerika Latin, mencatat bahwa Bolivia pernah memutuskan hubungan dengan Israel sebelumnya pada tahun 2009 setelah operasi militer di Gaza, namun kemudian memperbarui hubungan pada tahun 2019.

Baca juga: Dukung Palestina, Angelina Jolie: yang Tewas Anak-anak

1. Bolivia

Israel menghadapi memburuknya hubungan diplomatik di seluruh dunia ketika Bolivia menjadi negara Amerika Selatan terbaru yang mengambil tindakan terhadap kampanye agresi sistematis pasukan pendudukan Israel yang menargetkan warga sipil di Gaza yang terkepung. Selengkapnya simak infografis.

(puq)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!