Lima Keistimewaan Bulan Rabiul Awal yang Cukup Populer

Minggu, 17 September 2023 - 21:39 WIB
click to zoom

Ada lima keistimewaan bulan Rabiul Awal yang cukup populer. Rabiul Awal dimaknai sebagai bulan musim semi pertama. Bagi umat Islam, bulan ini dikenal sebagai bulan kegembiraan dan suka cita karena kelahiran Nabi besar Muhammad. Berikut keistimewaannya:

Baca juga: 3 Amalan Utama di Bulan Muharram Bertabur Pahala, Apa Saja?

1. Bulan Kelahiran Nabi Muhammad

Keutamaan Rabiul Awal yang pertama adalah bulan kegembiraan bagi umat Islam karena kelahiran manusia mulia Nabi Muhammad . Beliau dilahirkan pada Hari Senin, 12 Rabiul Awal Tahun Gajah atau 571 Masehi, ada yang menyebut Tahun 570 Masehi. Pancaran cahaya yang keluar dari langit Makkah di malam yang tenang menjadi saksi lahirnya sosok Nabi penutup zaman tersebut.

Baca juga: Tiga Puasa Sunnah yang Dianjurkan di Bulan Muharram

2. Bulan Hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Yatsrib

Keutamaan berikutnya adalah bulan Hijrahnya Rasulullah ke Madinah, dulu bernama Yatsrib. Nabi Muhammad memasuki Kota Madinah tepatnya pada Senin 22 Rabiul Awal (622 M). Beliau mulai berhijrah meninggalkan Gua Tsur pada malam Senin 1 Rabiul Awal dan sampai di Quba pada 8 Rabiul Awal lalu berdiam di sana selama empat hari. Nabi selanjutnya memasuki Madinah pada hari Jumat tanggal 12 Rabiul Awal. Selengkapnya simak infografis.

(puq)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!