Ciri Yakjuj dan Makjuj dan Kemunculannya Jelang Kiamat

Jum'at, 21 Juli 2023 - 07:00 WIB
click to zoom
Fadhilah menerangkan, sifat-sifat Yakjuj dan Makjuj ini dijelaskan di berbagai hadits yaitu menyerupai orang-orang dari kalangan bangsa Turk. Orang Ajam yang tidak fasih bicaranya, matanya sipit, berhidung pesek, berambut pirang, berdahi lebar. Wajah-wajah mereka seperti tameng yang dilapisi kulit, bentuk tubuh dan warna kulit mereka mirip bangsa At-Turk (Mongol).

Baca juga: Ekspedisi Sallam Tardjuman Menemukan Tembok Yakjuj dan Makjuj

Imam Ahmad meriwayatkan dari Ibnu Harmalah, dari bibinya, dia berkata, "Rasulullah SAW berkhutbah sedangkan jari tangan beliau dibalut dengan perban karena tersengat kalajengking, lalu beliau bersabda: "Sesungguhnya kalian berkata tidak ada musuh sementara kalian senantiasa memerangi musuh hingga datang Yakjuj dan Makjuj: bermuka lebar, bermata sipit, berambut pirang, mereka datang dari setiap arah, wajah-wajah mereka seperti tameng yang dilapisi kulit." (Musnad Imam Ahmad 22331)

Baca juga: Kota yang Selama Ini Menjadi Persembunyian Yakjuj dan Makjuj

Kapan Yakjuj dan Makjuj muncul? Tak seorang pun yang dapat mengetahui kapan mereka muncul. Hanya saja dalam Hadis disebutkan, Yakjuj dan Makjuj akan keluar dari tembok yang dibangun oleh Dzulqarnain menjelang Hari Kiamat. Selengkapnya lihat di infografis.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!