Ekspedisi Sallam Tardjuman Menemukan Tembok Yakjuj dan Makjuj

Senin, 17 Juli 2023 - 16:00 WIB
click to zoom
Tembok Yakjuj dan Makjuj memang masih misteri. Namun ada satu kisah menarik tentang penemuan lokasi tembok yang pernah dibangun Raja Dzulqarnain tersebut. Salah satunya mimpi Khalifah Abbasiyah, Al-Watsiq dan ekspedisi Syaikh Sallam Tardjuman. Yakjuj dan Makjuj adalah dua suku (bangsa) perusak yang akan muncul di akhir zaman.

Baca juga: Ilmuwan Beberkan Fakta Tanda Kiamat dari Laut Bermunculan

Keluarnya Yakjuj dan Makjuj merupakan satu dari 10 tanda Kiamat besar yang pernah disabdakan Nabi Muhammad SAW. Mereka adalah golongan manusia keturunan Yafits bin Nuh 'alahissalam, nenek moyang bangsa Turk. Yakjuj dan Makjuj tidak akan mati kecuali melahirkan keturunan seribu orang atau lebih. Catatan ekspedisi Sallam Al-Tardjuman ini sangat menarik dan diceritakan dalam Kitab Nuzhat al-Musytaq fi Ikhtiraq al-Afaq karya Al-Syarif Al-Idrisi.

Baca juga: 4 Cara Orang Kaya Dunia Hindari Kiamat

Sallam Al-Tardjuman adalah orang yang diutus Al-Watsiq Billah (Khalifah ke-9 Dinasti Abbasiyah 842-847 M) mencari tembok mencari tembok Yakjuj dan Makjuj itu. Khalifah Al-Watsiq Billah (wafat 232 H) bermimpi bahwa dinding pembatas yang mengurung dua suku barbar itu telah hancur dan jebol. Karena mimpi itulah ia mengutus sebuah tim ekspedisi yang dipimpin oleh Sallam Al-Tardjuman. Syaikh Sallam ini dikenal sebagai pengembara asal Turki. Selengkapnya simak di infografis.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!