Pallas, Kucing Hantu Langka yang Bikin Geger Dunia Maya

Sabtu, 08 Juli 2023 - 21:00 WIB
click to zoom
Kucing Pallas sempat bikin heboh media media sosial. Ini karena tampilannya unik. Wajahnya berbeda dengan kucing biasa. Mirip gabungan antara macan dan kera. Kucing Pallas punya nama ilmiah Otocolobus manul syn . Bentuk mukanya pipih dan bulat, sementara tubuhnya lebih gempal dan besar. Bulunya halus dan panjang. Kucing liar ini tinggal di tempat tersembunyi sehingga sangat misterius dan cukup sulit diteliti. Hal inilah yang membuatnya disebut sebagai ghost cat atau kucing hantu. IUCN atau The International Union for Conservation of Nature Red List of Threatened Species mengklasifikasikan kucing Pallas hampir terancam punah pada 2022. Nah, berikut adalah fakta tentang kucing Palas seperti dilansir dari Wired:

Baca juga: I lmuwan Temukan Kucing Liar Langka di Gunung Everest

Tinggal di Gurun dan Padang Pasir

Kucing Pallas atau Manul adalah spesies kucing liar di gurun dan padang pasir di wilayah Asia Tengah. Mereka hidup dan berkembang biak di alam liar. Pallas adalah jenis kucing yang lebih suka hidup menyendiri di gua atau lubang tersembunyi. Biasanya, mereka berburu pada malam hari. Memangsa tikus atau ayam hutan.

Baca juga: Shoebill Stork, Burung Raksasa Afrika yang Viral di Medsos

Bentuknya Seperti Kucing Rumahan

Dari sisi ukuran, kucing Pallas memiliki ukuran sama dengan jenis kucing rumahan yang biasa dipelihara . Panjangnya sekitar 46-65 cm dengan berat rata-rata 2,5-4,5 kilogram. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!