Beberapa Negara Percepat Produksi Vaksin untuk Virus Corona

Sabtu, 18 April 2020 - 14:21 WIB
click to zoom
click to zoom
Sejumlah perusahaan dalam negeri menyatakan ke­siap­annya memproduksi vak­sin dan obat untuk meng­atasi virus corona (Covid-19). Pemerintah bersama semua pihak harus aktif men­dorong agar upaya ini cepat tercapai dan menjadi solusi wa­bah corona di Ta­nah Air. Kesiapan ini di antaranya disampaikan PT Bio Farma (persero) yang bekerja sama dengan sejumlah BUMN farmasi lain.

Perusahaan swasta Dexa Me­dica juga sudah menyatakan ke­siapan hal sama. Se­jumlah perguruan tinggi seperti Universitas Air­lang­ga, juga sudah menemukan formula anticorona. Produksi vaksin harus didorong secepat mung­kin. Pasalnya, secara internasional vaksin baru bisa siap September mendatang. Sejauh ini, Organisasi Ke­sehatan Dunia (WHO) tengah bekerja sama dengan para ilmuwan di seluruh dunia untuk menguji coba setidaknya 20 vaksin jenis berbeda untuk mencegah penyebaran virus corona.

BACA JUGA :

11 KAPAL IRAN KEPUNG BEBERAPA KAPAL PERANG AS DALAM JARAK 9 METER

INILAH BERBAGAI BERMACAM ALAT UNTUK TES COVID-19

Kesiapan PT Bio Farma mem­produksi vaksin dan obat co­rona disampaikan direktur uta­ma­nya, Ho­nesti Ba­syir. Dia me­ng­aku pihaknya telah me­la­ku­kan peng­aju­an untuk melan­jut­kan riset dan pengem­ba­ngan (re­search and development/R&D). Simak data selengkapnya pada infografis.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!