Bos Wagner Grup Mengasingkan Diri ke Belarusia

Minggu, 25 Juni 2023 - 15:00 WIB
click to zoom
Tantangan terbesar bagi Presiden Rusia Vladimir Putin dalam lebih dari dua dekade kekuasaannya gagal dan berakhir dengan damai. Pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, yang sebelumnya memerintahkan pasukannya untuk menuju Moskow tiba-tiba mencapai kesepakatan dengan Kremlin untuk pergi ke pengasingan dan menyerukan mundur.

Baca juga : Vladimir Putin: Rusia Segera Kerahkan Rudal Nuklir Sarmat

Pemberontakan singkat yang dramatis mengubah lanskap Kremlin dan perang 16 bulan di Ukraina serta mendorong Rusia untuk menarik tentara kembali dari medan perang untuk mempertahankan ibu kota, pengakuan yang menakjubkan atas ancaman yang ditimbulkan oleh tentara Grup Wagner di bawah komando Yevgeny Prigozhin.

Baca juga : Penyamaran Kapal Perang Rusia Bingungkan Drone Ukraina

Di bawah kesepakatan yang diumumkan oleh juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, Prigozhin akan pergi ke negara tetangga Belarusia dan tuduhan melakukan pemberontakan bersenjata akan dicabut. Pemerintah Rusia juga mengatakan tidak akan menuntut para pejuang yang ikut serta, sementara mereka yang tidak bergabung akan ditawari kontrak oleh Kementerian Pertahanan. Selengkapnya Simak Infografis
(mad)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!