3 Pertolongan Pertama Usai Digigit Hewan Rabies

Senin, 19 Juni 2023 - 13:00 WIB
click to zoom
Kasus rabies yang menimpa beberapa anak Indonesia belakangan ini turut menjadi perhatian Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Anggota Unit Kerja Koordinasi Infeksi dan Penyakit Tropis IDAI, DR. Dr. Novie Homenta Rampengan mengatakan bahwa anak-anak memang rentan menjadi korban gigitan anjing rabies, mengingat mereka belum bisa melindungi diri dari serangan hewan liar.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Matcha untuk Kesehatan Tubuh

"Anak-anak kan umumnya suka main dengan binatang , jadi waktu bermain dengan binatang, apalagi orang tua tidak mendampingi, dan hewan tersebut misalnya sudah terinfeksi rabies atau misalnya untuk melindungi anaknya, makanya dia akan menyerang anak-anak," jelas dr. Novie.

Baca juga: Ikan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Walaupun rabies termasuk penyakit dengan tingkat kematian yang cukup fatal, Dr. Novie mengatakan jika seseorang yang terkena gigitan anjing rabies sebenarnya masih bisa diselamatkan. Dia lantas menyarankan agar anak-anak atau orang yang baru saja terkena gigitan anjing rabies untuk segera mendapatkan pertolongan pertama sebelum timbulnya gejala pasca mengalami gigitan.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!