Jet Tempur Siluman F-22 AS Seharga Rp2,1 Triliun Jatuh

Minggu, 17 Mei 2020 - 07:00 WIB
click to zoom
Pesawat jet tempur siluman F-22 Raptor Angkatan Udara (AU) Amerika Serikat (AS) jatuh di Florida pada Jumat. Dengan berbagai teknologi canggih yang dimilikinya, pesawat ini diklaim sebagai jet tempur tak terkalahkan di dunia. AS mengatakan pesawat jatuh dalam penerbangan pelatihan rutin. Tak ada korban dalam peristiwa ini karena pilot berhasil keluar dari pesawat.

F-22 Raptor merupakan jet tempur siluman generasi kelima AS. Analisa Military.com (16/5/2020), mengklaimnya sebagai jet tempur tak terkalahkan di dunia karena berteknologi observable, avionik modern, dan mesin yang efisien.

BACA JUGA :

6 PANGKALAN AS DITEROBOS JET TEMPUR SILUMAN SU-57 RUSIA BOMBER NUKLIR SILUMAN H-20 CHINA DEBUT TAHUN INI, MASALAH BUATAS

Militer AS kini hanya memiliki sekitar 183 unit F-22 Raptor dalam inventarisnya. Setiap unit jet tempur F-22 Raptor berharga sekitar USD143 juta (Rp2,1 triliun) dan produksinya dihentikan pada 2011 karena Pentagon berfokus pada F-35 Lightning II Joint Strike Fighter. Mengingat terbatasnya jumlah F-22 Raptor dalam inventaris militer, hilangnya jet dalam kecelakaan akan berdampak signifikan.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!