Volume Sampah Plastik di Laut Setara 2.200 Menara Eiffel

Rabu, 07 Juni 2023 - 22:00 WIB
click to zoom
Lebih dari 400 juta ton plastik diproduksi setiap tahun di seluruh dunia dengan sepertiganya digunakan hanya sekali, sementara kurang dari 10 % yang didaur ulang.Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga memperkirakan antara 19 hingga 23 juta ton plastik dibuang ke danau, sungai, dan laut setiap tahun, setara dengan muatan penuh lebih dari 2.000 truk sampah yang dibuang di lokasi tersebut setiap hari.

Baca juga: 10 Negara yang Memiliki Hutan Terluas di Seluruh Dunia

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengatakan laporan baru dari Program Lingkungan PBB (UNEP) menunjukkan bahwa polusi plastik dapat dikurangi hingga 80 persen pada tahun 2040 jika orang bertindak untuk menggunakan kembali, mendaur ulang, dan menghindari penggunaannya. Pasalnya menurut laporan UNEP, berat sampah plastik tersebut setara dengan berat sekitar 2.200 Menara Eiffel.

Baca juga: Pemkot Tangerang Pastikan 146 Sekolah Swasta Gratis

Ia menekankan pentingnya membatasi sampah plastik karena plastik sekali pakai yang dibuang atau dibakar membahayakan kesehatan manusia dan keanekaragaman hayati serta mencemari setiap ekosistem dari puncak gunung hingga dasar lautan. Penegasan tersebut disampaikan dalam pesannya terkait dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan sejalan dengan penyusunan kesepakatan global untuk mengakhiri polusi plastik pada November ini. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!