Gletser Greenland Terus Mencair Tiga Kali Lebih Cepat

Rabu, 31 Mei 2023 - 07:00 WIB
click to zoom
Gletser atau bongkahan es di Greenland dilaporkan terus mencair seiring dengan semakin panasnya suhu Bumi. Tak tanggung-tanggung, penyusutan bongkahan es tiga kali lebih cepat dari tahun 1900-an.Sebagaimana dilansir dari Metro pada Senin (29/5/2023), sekelompok ilmuwan dari universitas Portsmouth dan Leeds mengatakan gletser Greenland telah kehilangan setidaknya 587 km3 es selama abad terakhir.

Baca juga : Lapisan Es Antartika Mencair, Permukaan Air Laut Naik

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Geophysical Research Letters, disebutkan bahwa jumlah itu setara dengan 499 gigaton (Gt) dengan kecepatan 4,34 Gt per tahun, cukup untuk mengisi 43.400 kapal induk Amerika Serikat. Para ilmuwan menyebut ini tidak lepas dari penurunan suhu global yang mencapai 2C. Sebanyak 5.327 bongkahan es yang dicatat pada tahun 1900 menyusut hingga mengakibatkan kenaikan air laut setinggi 1,38 milimeter.

Baca juga : Pemanasan Global, Suhu Panas Bumi Naik 1,5 Derajat Celcius

"Penelitian sebelumnya menggunakan data satelit menunjukkan gletser di Greenland bisa kehilangan antara 19% dan 28% volumenya pada tahun 2100," ujar Dr Clare Boston, dari School of the Environment, Geography and Geosciences di University of Portsmouth. Senada dengan Dr Clare, Dr Jonathan Carrivick, dari School of Geography di Universitas Leeds mengatakan bahwa lelehan es di Greenland ini menempati peringkat sebagai sumber air lelehan terbesar kedua setelah Alaska.Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!