Lubang Hitam Jadi Pemicu Ledakan Terbesar di Alam Semesta

Selasa, 16 Mei 2023 - 19:00 WIB
click to zoom
Para astronom masih belum mengetahui pasti penyebab ledakan kosmik terbesar di alam semesta yang diberi nama AT2021lwx. Namun, para astronom menduga ledakan yang berkekuatan kira-kira 100 kali energi matahari ini dipicu oleh aktivitas lubang hitam . Para astronom mengatakan sepanjang aktivitas alam semesta yang berusia 6 miliar tahun, ini merupakan ledakan kosmik paling kuat.

Baca juga : Pemanasan Global, Suhu Panas Bumi Naik 1,5 Derajat Celcius

Ledakan ini juga paling misterius karena berlangsung selama bertahun-tahun dan 10 kali lebih terang supernova. “Sebagian besar peristiwa supernova dan gangguan pasang surut (tidal disruption) atau kilatan terang yang terjadi saat lubang hitam mengoyak bintang pengembara, hanya berlangsung selama beberapa bulan. Untuk suatu objek yang cerah terjadi selama dua tahun lebih menjadi sangat tidak biasa,” kata Philip Wiseman, astronom University of Southampton di Inggris dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Selasa (16/5/2023).

Baca juga : Militer Sumbang 5,5% Emisi Gas Rumah Kaca Dunia

Para astronom menduga peristiwa ledakan dahsyat AT2021lwx yang berjarak 8 miliar tahun cahaya dari Bumi dipicu oleh lubang hitam yang berantakan. Memang penyebabnya masih misterius, hanya saja kemungkinan terbesar akibat awan gas hidrogen raksasa yang ribuan kali lebih besar dari matahari dilahap oleh lubang hitam supermasif. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!