Klaim Ukraina Tembak Jatuh Rudal Hipersonik Rusia Diragukan

Kamis, 11 Mei 2023 - 14:00 WIB
click to zoom
Pakar militer yang berbasis di Moskow, Alexey Leonkov, meragukan klaim Ukraina yang mampu menembak jatuh rudal hipersonik Khinzal Rusia. Menurutnya tidak mungkin jatuh rudal balistik hipersonik Kinzhal dengan sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) Patriot MIM-104 buatan Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Ukraina Tembak Jatuh Rudal Hipersonik Rusia Dia menjelaskan bahwa radar SAM tidak dapat melacak Kinzhal karena batas kecepatan target yang dicegatmencapai Mach 3. “Ketika mereka (Ukraina) menggunakan rudal Patriot langsung, mereka tidak dapat mengidentifikasi apa pun yang mampu terbang lebih cepat (dari Mach 3). Dalam kasus rudal Patriot terbang mengejar Kinzhal, pencegat harus terbang setidaknya 1,5 kali lebih cepat dari rudal hipersonik Rusia,” terangnya seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (11/5/2023).

Baca juga: KH101, Rudal Jelajah Rusia Berkemampuan Siluman

Dia menyatakan bahwa laporan media baru-baru ini tentang sistem rudal Patriot yang diduga menjatuhkan Kinzhal muncul karena kurangnya hasil kerja Patriot, yang sebelumnya dipasok ke Kiev sebagai bagian dari bantuan militer Washington. Selengkapnya lihat infografis.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!