Daya Tahan Tubuh Kecoak terhadap Radiasi Bom Nuklir

Selasa, 09 Mei 2023 - 07:00 WIB
click to zoom
Kecoak merupakan salah satu hewan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Hewan ini dianggap menjengkelkan dan menjijikan oleh kebanyakan orang, karena sering bersarang di lingkungan yang kotor. Ternyata, kecoak salah satu hewan yang sukses. Mereka telah hidup sejak sekitar 300 juta tahun yang lalu, lebih lama dari manusia.

Baca juga: Sinar-X Ungkap Mumi Tupai Purba yang Dikira Batu Berbulu

Kecoak juga diyakini punya kemampuan bertahan hidup yang luar biasa dibandingkan manusia. Mereka disebut-sebut bisa bertahan dari radiasi ledakan nuklir. Padahal bagi manusia, paparan radiasi nuklir pastinya sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit seperti kanker. Dilansir dari Live Science, Senin (8/5/2023), asumsi ini sebenarnya cukup logis.

Baca juga: Ini Alasan Gurita Betina Menghancurkan Dirinya Setelah Bertelur

Fakta menunjukkan, bahwa kecoak adalah hewan yang tangguh. Mereka bisa hidup tanpa makan dalam waktu satu bulan. Kecoak memiliki karakteristik khusus dan toleransi yang lebih tinggi terhadap radiasi nuklir, dibandingkan hewan maupun manusia. Hal ini membuat kecoak bertahan dari kontaminasi radioaktif jangka panjang setelah ledakan nuklir.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!