Teknologi AI Kini Bisa Memprediksi Sesuatu

Senin, 08 Mei 2023 - 21:00 WIB
click to zoom
Perkembangan sistem komputer kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) kini semakin canggih. Bahkan menurut ahli nanti AI bisa memprediksi sesuatu.AI saat ini memiliki kemampuan untuk meniru manusia dalam memecahkan masalah dan melakukan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan atau keahlian fisik manusia.

Keberadaan AI kini telah menjadi semakin penting dan terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir, banyak ahli meyakini AI akan menjadi salah satu kemajuan teknologi terbesar dalam sejarah manusia.

Baca juga: Spesifikasi Drone Kamikaze Amerika Serikat: Switchblade 600

Pada awalnya, kecerdasan buatan digunakan dalam aplikasi seperti mesin pencari dan permainan video. Semakin berkembang, teknologi ini juga diterapkan dalam banyak bidang, termasuk kesehatan, transportasi, dan bisnis. Kecanggihan AI memaksa nantinya akan dapat memprediksi sesuatu. Seperti dilansir dari New York Times, para peneliti telah mengembangkan metode penguraian kode bahasa untuk mengambil ucapan percobaan dari orang-orang yang kehilangan kemampuan berbicara, dan memungkinkan orang yang lumpuh untuk menulis.

Baca juga: KH101, Rudal Jelajah Rusia Berkemampuan Siluman

“Ini bukan hanya stimulus bahasa, kami mendapatkan makna, sesuatu tentang gagasan tentang apa yang terjadi. Dan fakta bahwa itu mungkin sangat menarik.” kata Alexander Huth, ahli saraf di universitas yang memimpin penelitian tersebut. Dalam studi mereka, Dr. Huth dan rekan-rekannya secara efektif membalik proses tersebut, menggunakan AI lain untuk menerjemahkan gambar fMRI peserta menjadi kata dan frasa. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!