4 Daftar Tentara Bayaran Rusia Paling Ditakuti Dunia

Selasa, 09 Mei 2023 - 16:00 WIB
click to zoom
Seperti diungkapkan Christopher Michael Faulkner, pakar militer dari US Naval War College, mengungkapkan Rusia, sama seperti Amerika Serikat (AS), kerap menggunakan tentara bayaran dari organisasi yang mencari keuntungan besar. Rusia juga sudah memanfaatkan tentara bayaran untuk membantu peperangan seperti di Suriah, Libya, hingga Sudan.

Baca juga: Turki tolak Permintaan AS untuk Berikan S-400 kepada Ukraina

"Penggunaan tentara bayaran yang dilakukan Rusia di Ukraina menunjukkan bahwa Moskow mengalami kekurangan prajurit," kata Faulkner, dilansir The Conversation. Dijelaskannya, perusahaan yang mengelola tentara bayaran tersebut juga menyediakan informasi intelijen hingga pertempuran langsung. "Rusia untung menggunakan tentara bayaran karena tak perlu membayar pensiunan tentara dan fasilitas kesehatan," tuturnya. Sedikitnya ada lima perusahaan tentara bayaran yang berasal di Rusia. Kelimanya kerap diajak dalam berbagai medan tempur yang melibatkan Rusia.

Baca juga: Teddy Minahasa Divonis Hukuman Seumur Hidup Penjara

Pertama, Wagner merupakan organisasi bisnis yang dikenal sebagai sayap militer swasta de facto milik Presiden Rusia Vladimir Putin . Mereka dianggap kerap bekerja di luar hukum Rusia dan tidak tersentuh hukum. Mereka melayani kepentingan Rusia dengan ideologi neo-Nazi dan ekstrimisme sayap kanan. Lihat selengkapnya di infografis Sindonews.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!