Gerhana Bulan Penumbra Bisa Diamati di Seluruh Wilayah Indonesia

Selasa, 02 Mei 2023 - 21:30 WIB
click to zoom
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) menjelaskan, gerhana bulan penumbra yang terjadi pada 5-6 Mei 2023 dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia. Gerhana bulan penumbra terjadi akibat Bumi melintas di antara bulan dan matahari dalam satu garis lurus. Gerhana bulan penumbra akan dimulai pukul 11:15 EDT (1515 GMT) dan akan terlihat hampir sebagian besar wilayah dunia, termasuk Antartika, Asia, Rusia, Oseania, serta Afrika Timur dan Tengah.

Baca juga: Fenomena Langka, ini Fakta Unik Gerhana Matahari Hibrida

Menurut In the Sky, gerhana bulan penumbra tidak akan terlihat sama sekali dari Amerika Utara, Amerika Selatan, atau sebagian besar Eropa, karena bulan akan berada di bawah cakrawala. “Seluruh fase gerhana teramati di Indonesia. Durasi gerhana, dari fase gerhana mulai (P1) hingga gerhana berakhir (P4) adalah 4 jam 21 menit 28 detik,” demikian keterangan BMKG melalui situs resmi yang dirilis pada 26 April 2023.

Baca juga: Lubang Raksasa ke 2 di Muncul di Atmosfer Matahari

Untuk wilayah Indonesia bagian barat, fenomena gerhana matahari mulai terjadi pukul 22.12.09 WIB. Puncak gerhana matahari terjadi tepat pukul 00.22.52 WIB dan berakhir pukul 02.33.36 WIB. Dikutip dari laman Space, Selasa (2/5/2023), gerhana bulan penumbra terjadi ketika bulan melewati wilayah luar yang lebih terang dari bayangan bumi yang disebut penumbra. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!