Waspada! 3 Ancaman Teknologi AI Suara yang Bisa Disalahgunakan

Selasa, 02 Mei 2023 - 08:00 WIB
click to zoom
Teknologi AI suara, seperti juga dengan asisten suara atau chatbot, bak dua mata pisau. Bisa menguntungkan manusia, bisa juga merugikan apabila disalahgunakan. Viralnya “kloningan” suara Presiden Jokowi yang menyanyikan lagu seperti Cintamu Sepahit Topi Miring hingga Asmalibrasi ini memberikan gambaran terhadap risiko dan bahaya potensial jika teknologi AI suara ini disalahgunakan.

Baca juga: Investor AI Sebut Chat GPT-4 Lebih Berbahaya dari Senjata Nuklir

Terutama, menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Di Amerika, sejumlah kasus penyalahgunakan AI suara untuk penipuan sudah terjadi. Misalnya, Jennifer DeStefano yang dihubungi oleh nomor tidak dikenal yang mengaku sebagai putrinya. Kebetulan, Briana, putri Jennifer yang berusia 15 tahun sedang mengikuti kegiatan ski di luar kota.

Baca juga: AI Berhasil Memetakan Suara dalam Pemilihan Presiden

”Setelah saya angkat, ada suara putri saya yang menangis, sambil memanggil, ‘mama, tolong saya, tolong saya, ada orang jahat yang menculik saya’,” cerita Jennifer. Ia mengatakan, penipu tersebut meminta tebusan sejumlah uang. Jennifer mengaku percaya, karena suara penipu sangat mirip dengan putrinya. Untungnya, ia bisa memastikan bahwa putrinya Briana aman.

Apa saja bahaya AI suara, simak di infografis.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!