Rusia Menembakan Lebih dari Selusin Rudal Jelajah ke Kiev

Jum'at, 28 April 2023 - 21:00 WIB
click to zoom
Rusia menembakan lebih dari selusin rudal jelajah ke Kiev dan wilayah lain di Ukraina. Sedikitnya tiga orang tewas di kota timur dan menghantam tempat tinggal di Ukraina tengah. Dilansir dari Irish Examiner, Jumat (28/4/2023), sirene serangan udara terdengar di sekitar Ibu Kota Ukraina dalam serangan pertama terhadap kota itu dalam hampir dua bulan. Menurut pemerintah kota Kiev, Angkatan Udara Ukraina berhasil mencegat 11 rudal jelajah dan dua kendaraan udara tak berawak di atas kota itu.

Baca juga: Ukraina Dalam Posisi Bagus untuk Serangan Balasan

Sirene serangan udara dimulai sekitar pukul 4 pagi dan peringatan berakhir sekitar dua jam kemudian. Serangan itu adalah yang pertama di ibu kota sejak 9 Maret. Rudal-rudal itu ditembakkan dari pesawat yang beroperasi di wilayah Laut Kaspia, menurut panglima angkatan bersenjata Ukraina Valerii Zaluzhnyi.

Baca juga: Kedatangan Sistem Patriot, Ukraina Bidik Pesawat dan Rudal Iskander Rusia

Secara keseluruhan, dia mengatakan Ukraina mencegat 21 dari 23 rudal jelajah tipe Kh-101 dan Kh-555 yang diluncurkan, serta dua drone. Tidak ada laporan segera tentang serangan yang berhasil di Kiev tetapi pecahan dari rudal atau drone yang dicegat merusak saluran listrik dan jalan di sebuah wilayah. Tidak ada korban yang dilaporkan.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!