Papan Skor Permainan Bola Bangsa Maya Kuno Ditemukan

Senin, 17 April 2023 - 19:00 WIB
click to zoom
Arkeolog Meksiko telah menemukan papan skor batu berusia 1.000 tahun, yang digunakan oleh bangsa Maya kuno. Batu berukir dan melingkar itu ditemukan di situs arkeologi Maya Chichen Itza di semenanjung Yucatan oleh Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko (INAH). Papan skor digunakan selama pertandingan mirip sepak bola yang disebut Pelota atau Maya Ballgame yang menggunakan bola berisi abu penguasa yang telah meninggal.

Baca juga: Fosil Kelelawar Tertua Berusia 52 Juta Tahun Ditemukan

Batu melingkar memiliki diameter lebih dari 32 cm dan berat 40 kg, menampilkan tulisan hieroglif yang mengelilingi dua pemain yang berdiri di samping bola. “Di situs Maya ini, jarang ditemukan tulisan hieroglif, apalagi teks lengkap," kata Francisco Perez, salah satu arkeolog yang mengkoordinir penyelidikan dikutip dari laman Daily Mail, Sabtu (15/4/2023). Disk itu ditemukan terbalik di dekat lokasi gapura yang menuju ke kompleks Chichen Itza.

Baca juga: Virus Mirip Covid-19 Berpotensi Menular ke Manusia Ditemukan

Pemain di sebelah kanan tampak mengenakan pakaian tradisional pelindung pemain pelota, serta penutup kepala khusus yang ditutupi ular. Ini dikenal sebagai sorban ular, dan citranya sering terlihat pada artefak di Chichen Itza, kota besar pra-Columbus yang dibangun oleh bangsa Maya. Ular dianggap hewan suci dalam budaya Maya dan diyakini memiliki hubungan dengan dunia bawah dan dewa kesuburan. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!