Negara-negara dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di 2023

Minggu, 09 April 2023 - 17:00 WIB
click to zoom
Orang super kaya ada dimana-mana, yang dalam peringkat orang terkaya di dunia versi Forbes 2023 tercatat ada 2.640 miliarder. Mereka berasal dari 77 negara atau wilayah di seluruh dunia, angka itu meningkat dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 75. Dua negara baru yang menyumbang miliarder dalam daftar orang terkaya dunia Forbes tahun ini adalah Panama dan Armenia.

Baca juga: Daftar 10 Orang China Terkaya Tahun 2022 versi Forbes

Masing-masing menambahkan satu miliarder yaitu Stanley Motta, seorang investor Panama yang portofolio perusahaan Amerika Latinnya termasuk bank Panama Banco General. Lalu ada juga Ruben Vardanyan, seorang bankir investasi Armenia dan politisi yang membuat kekayaannya di Rusia selama 1990-an (dan yang tahun lalu melepaskan kewarganegaraan Rusia-nya). Dia kembali lagi setelah keluar dari daftar pada 2022.

Baca juga: Lima Miliarder Peraih Keuntungan Terbesar di Tahun 2022

Sementara itu Amerika Serikat (AS) kembali menjadi negara dengan jumlah miliarder terbanyak yang mencapai 735 orang. Meskipun hampir 50 orang Amerika turun peringkat termasuk Kanye West dan Sam Bankman-Fried, serta lebih dari selusi lainnya mengalami tekanan keuangan. Ada lebih dari 60 warga AS bergabung dengan jajaran miliarder terkaya dunia untuk pertama kalinya tahun ini, termasuk LeBron James dan Tiger Woods. Daftar selengkapnya lihat di infografis.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!