Canggih, Ini 4 Jet Tempur Andalan BRICS

Kamis, 06 April 2023 - 18:00 WIB
click to zoom
BRICS merupakan kelompok negara yang terdiri dari Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Mereka memiliki sedikitnya empat jet tempur andalan yang memperkuat kekuatan militer BRICS. Kelompok yang terbentuk atas dasar pertumbuhan ekonomi yang pesat ini memang terdiri dari negara-negara yang tengah berkembang pesat, baik dalam hal ekonomi maupun kekuatan pertahanan militernya. Berikut ini empat jet tempur andalan BRICS yang berasal dari berbagai negara anggotanya.

Baca juga: Drone FH-97A China, Kembaran Drone Ghost Bat Australia

Pertama Su-57 Felon, dilansir dari Newsweek, Su-57 telah diberi label oleh Kementerian Pertahanan Inggris sebagai "jet tempur supersonik generasi kelima Rusia yang paling canggih". Pesawat satu kursi bermesin ganda tersebut mulai dikembangkan pada tahun 2002 dengan harapan dapat bersaing dengan jet F-35 AS. Kehebatan Jet Rusia ini bahkan selalu dibanding-bandingkan dengan dengan pesaingnya dari Negeri Paman Sam.

Baca juga: FA-50, Jet Tempur Korsel Berkemampuan Mengejutkan

Kedua Chengdu J-20, menurut Business Insider, Chengdu J-20 adalah jet tempur siluman tercanggih China yang dijuluki "Mighty Dragon". Jet tempur buatan Grup Industri Pesawat Terbang Chengdu ini dirancang untuk bersaing dengan jet tempur F-22 Raptor Amerika Serikat dan SU-57 milik Rusia. Lihat selengkapnya di infografis Sindonews.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!