Tupolev Tu-22M3, Pesawat Canggih Pengebom Milik Rusia

Selasa, 04 April 2023 - 12:00 WIB
click to zoom

Rusia menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer yang mumpuni. Statusnya ini, membuat Rusia cukup disegani negara-negara lain, termasuk para rival dan musuhnya. Selain tentara yang dimiliki, Rusia juga banyak mempunyai persenjataan militer canggih dengan kemampuan mengerikan. Dari sekian jenis, salah satu yang cukup menarik perhatian adalah pesawat pengebom Tu-22M3. Berikut spesifikasinya!

Baca juga: Senjata Nuklir Rusia untuk Belarusia Bakal Dikerahkan Dekat NATO

Tupolev Tu-22M3 menjadi salah satu varian yang dimiliki pesawat Tu-22M. Sekadar informasi, Tu-22M sendiri merupakan pengebom strategis milik Rusia yang telah dikembangkan sejak era Uni Soviet.

Baca juga: Cara Rusia Jebak Jet Tempur Ukraina dalam Pertempuran Maut

Mengutip laman EurAsian Times, Senin (3/4/2023), pesawat pengebom ini dikembangkan Uni Soviet selama era Perang Dingin. Adapun prototipe pertamanya terbang pertama kali pada tahun 1977. Setelah sekian percobaan dan penyempurnaan kualitas, Tu-22M3 mulai beroperasi pada tahun 1989. Apabila dibandingkan pendahulunya, pesawat ini memiliki banyak fitur yang telah ditingkatkan untuk mengatasi kekurangan yang ada.

(sam)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!